Katekumen and all about it

Katekumen
Dalam Eklesiologi, katekumen (dari Bahasa Latin catechumenus, dan Bahasa Yunani κατηχουμενος , artinya "yang diberi instruksi") adalah orang yang menerima pengajaran mengenai prinsip-prinsip agama Kristen sebagai persiapan menuju pembaptisan.

***

Jadi rollz dari kecil sudah dididik secara Katholik, SD-SMP Katholik, selanjutnya entah, ga jelas... Hahaha... Nah pas SD itu rollz sudah pernah katekumen sekali, tapi ga berhasil karena guru agama rollz harus pindah ngajar... Dan ternyata kejadian itu berulang pas rollz SMP... Jadi intinya rollz ini sudah 2x katekumen dan belom berhasil... Huff...

Tapi rollz berangan2 untuk menikah secara Katholik, ya karena itu tadi, rollz dari kecil sudah dididik secara Katholik, dan rollz (simply) merasa nyaman aja. Jadi di KTP rollz tertulis beragama Katholik, meskipun belum dibabtis. Lalu rollz berusaha sebisa mungkin mencari cowo Katholik, supaya bisa ngajarin rollz, dan menyemangati rollz biar cepet dibabtis.

***

Menikah secara Katholik ga mengharuskan dua2nya Katholik, jadi misalnya suaminya aja yang Katholik, istrinya mo agama lain jg ga masalah, nantinya akan ada kanonik (semacam penyelidikan bgitu biar tau pasangan kita uda merid ato belom), intinya masi bisa diatur lah.

Kebetulan banget Mr. Kui ini senasib ternyata ama rollz, dia juga Katholik KTP alias belon dibabtis. OMG dapetnya yg begini. Hahahaha... Kalo dia beda cerita, jadi kan dia tu kidal, intinya dia minder ke gereja, karena pas cilik dia tu diejek2 temennya, koq tanda salib pake tangan kiri, langsunglah dia sejak itu down...

Nah kalo dua2nya Katholik tapi belom dibabtis kayak kita ini, kalo mau menikah secara Katholik berarti salah satu kita harus dibabtis dulu, kalo ga ya ga bisa. Waduh mana katekumen ini butuh waktu kurang lebih setaun, bisa lebih cepet si kalo dulunya pernah sekolah Katholik. Kebetulan rollz kan dulunya sekolah Katholik, dan Mr. Kui juga. Jadi diputuskanlah kita berdua ikut katekumen, dan dibabtis bareng2 sekalian.

***

Dan mencari gereja yang pas dengan kita juga ngga gampang, kita berdua sama2 bukan orang Jakarta, jadi ga tau menau gereja mana saja yang oke. Dan kita pun bukan orang yang rajin, dalam artian bisa dateng tepat waktunya dan belajar agama. Bukan alesan memang, bayangin aja Jakarta yang macet, Takutnya ga pas waktunya pas sampe gereja, jadi waktu tu juga pertimbangan kita dalam milih gereja.

Awalnya kita ke gereja deket tempat kerja kita, kita coba nanya2 ke sekertariatnya. Kita diterima, welcome banget dia, tapi dia ngomong kalo katekumen tu minimal 1.5 tahun, terlepas kita pernah belajar ato tidak, tetep 1.5 tahun. Dan ga bisa ditawar lagi. Wah apa kita bakal tahan ya 1.5 tahun bgitu. Awalnya kita mikir begitu.

Lalu kita coba2 cari gereja lain, sempet bingung juga karena time is ticking. Takut ga bisa dapet gereja yang pas dan takut juga kita ga selese pas tepat pada waktunya. Tapi waktu itu rollz sempet bilang ama Mr. Kui, tujuan kita dibabtis kan bukan untuk menikah, jadi kalo misalnya kita selesai dibabtis tu 2014 ya kita merid setelah itu, kalo selesai 2015 ya sudah merid aja 2015. Dan untungnya dia ngerti.

Singkat cerita, minggu sore, kita mencoba pergi ke gereja. Sama, ikut misa dulu, selesai kita ngobrol ama romonya, disuru ke sekertariat nanya2. Dari sekertariat kita dikenalkan ama seorang suster yang ngajar katekumen ini, dan langsung disuru ke kesusterannya untuk ngobrol2 dulu.

Langsung dunk kita ke kesusterannya. Pas sampe sana ternyata si suster lagi berdoa dan kita diminta nunggu kurang lebih setengah jam. Ya uda lah nunggu, daripada bolak balik juga kan. Setelah setengah jam, susternya dateng. Ngobrol2 sebentar, dia bilang mau makan. Ya sudah makan dulu dia dan setelah itu kita ngobrol2 lagi. Untungnya dari ketemuan pertama kali, rollz ama Mr. Kui ini langsung cocok ama suster ini. 

Setelah ngobrol2, si suster ini bilang, dia buka kelas katekumen selasa, rebo, kemis itu malem, dan sebtu pagi. Yang pasti sebtu pagi kita uda pasti ga bisa karena masi kerja, diputuskanlah selasa dan kemis. Rebo dipake kumpul ama papa. Dan suster ini bilang, dia waktunya flexible, selama dia bisa ngajar, kita boleh dateng kapan aja. Dan kerennya lagi suster ini punya bb, jadi kita bisa bbm'an ama dia.

Jadi selasa kemarin, dengan resmi kita ikutan katekumen. kita ikutnya telat jamnya, karena jakarta macet plus kita baru selese kerja tu jam 5, siap2 jam 6 lah baru bisa berangkat. Susternya untungnya ga masalah, dan senin kemarin kita sukses pulang lebih lama dibanding yang lain. Hahahaha... ini sebenernya rollz dan Mr. Kui mau kesana lagi, tapi Mr. Kui masi ada kerjaan yang ga bisa ditinggal, padahal uda setengah 7 ni.

***

Ya, semoga saja kita berdua bisa ngikutin katekumen ini dengan lancar tanpa halangan, kalo lancar, natal ato paskah ini kita bisa dibabtis. Bayangin pake baju putih2 terus dibabtis. Jadi pingin cepet2 dibabtis :)

Yep, semoga saja semua lancar. Amin.

Carolina Hartono

Daughter of amazing parents. Wife of a great man. Lover of Jesus. Big sist for cute and annoying sist and bro

8 comments:

  1. gua kasih tau tricknya ya... kalo mau katekumen yang cepet, mesti nyari kelas katekumen buat orang2 tua (lansia). 3 bulan doang. hihihihi.

    gua soalnya dulu begitu. gua ikut katekumennya pas udah kuliah (padahal dari kecil di sekolah katolik kayak lu. tapi gua baru bener2 rajin ke gereja sejak kuliah). dan pas kebetulan dapet info soal kelas katekumen buat lansia. jadinya cepet tuh 3 bulan doang dibaptis.

    trus buat krisma nya, kalo mau cepet, cari kelas krisma di universitas atmajaya. biasanya adanya pas sebelum paskah. itu cuma 2 kali pertemuan pas weekend. emang sih seharian, tapi kan jadi cepet. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah dapet tips dan trik segala... hahahaha... makasiii2... iya ni coba ntar cari2 deh :p

      eh aku baca2 ko arman jg ke st theresia ya... jadi 1 gereja dunk kita...

      hm soal krisma blom kepikiran sampe situ si, tapi musti dipikirin sekarang ya... harusnya 12x kan ya... kalo bisa 2x enak tu berarti... :p

      Delete
    2. iya kita dulu pas di indo sukanya ke theresia. :)

      iya yang di atma itu krismanya cuma 2 kali pertemuan, tapi per kali pertemuannya seharian ya dari pagi sampe sore. jadi itung2 total jam nya sama aja, cuma jadinya cepet aja kan kita cuma spend 2 kali weekend aja. :D

      Delete
    3. wahhh nanti coba diusahain deh ko... hehehe... sapa tau bisa dapetnya cepet juga...

      Delete
  2. Helllow udah bisa ngeblog lagi ya kamu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa... uda bia ngeblog lagi sekarang... :)

      Delete
  3. ayo ubi doakan semoga cepet dibaptis. o:)
    mampir lagi loh ci rollz hehe uda lama ga ke sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin amiiiin...
      iyaa makasi ya uda mampir... uda lama lho ga main2 kesini :p

      Delete