(finally) Vietnam - Day One and Day Two

Sebelumnya, rollz mau congrats2in dulu... Buat epi atas berita kehamilannya, moga2 nanti baby nya lucu2 kayak andrew ato emma bear... Semoga bebe cepet2 ngisi juga biar nyusul epi... Amiiiin semua dahh... Oh ya rollz ini juga baru nyelesaiin blognya ko arman... Dari awal lho... Emang kalo rollz seneng ama blognya orang, pasti rollz baca dari awal mereka nulis, yang ada di blogroll sebelah mah uda abis semua... Butuh rekomendasi blog baru yang bisa dibaca2 ni :p

***

Oke lanjut ceritanya, jadi pagi itu, yep, rollz bangun lebih pagi gara2 mau breakfast banana cake plus mau jalan2 di airport. Ternyata tetep aja tu banana cake ga ada. Jadinya maemnya pake acara males2an deh... Banana cake, kemanakah dirimu.... :(

Setelah breakfast dan checkout akhirnya kita meluncur ke Changi, sempet jalan2 bentar sebelum akhirnya nunggu di gate. Nunggu pesawatnya papa + Mr. Kui arrived. Jadi ceritanya kita ambil Lion Air, rutenya tu Jakarta - Ho Chi Minh, tapi ternyata mampir dulu di Singapore. Nah kita ngikut Singapore - Ho Chi Minh. Mereka cuma transit 30 mins. Sempet pipis doank trus langsung masuk lagi, langsung deh bareng2 terbang ke Ho Chi Minh. Flight nya sekitar 2 jam dari Singapore ke Ho Chi Minh, langsung deh penuh ama orang Vietnam semua, kayaknya ga ada orang indo selain kita yang ke Vietnam pas itu.

Menurut rollz, Ho Chi Minh itu mirip banget ama Beijing + Jakarta. Berasa kayak perpaduannya gitu. Mangkanya rollz nda ada banyak foto tentang Ho Chi Minh, malahan banyak foto makanan daripada kota2nya. Bingung si apa yang mau difoto.

1. Mirip Jakarta karena kotanya rame banget! Bedanya ama Jakarta, kalo Jakarta rame ama mobil, ini rame ama sepeda motor. Jadi ni kalo jalanan tu 3 lajur, 1.5 - 2 lajur bisa keisi ama motor. Jadi bayangin aja bunyi klakson dimana2.

2. Mirip Beijing karena supirnya di sebelah kiri.

3. Mirip Jakarta karena macetnya, meskipun akhirnya Jakarta tetep juara macetnya =='

4. Mirip Beijing karena banyak jalan yang diatasnya pake lampu2 hias. Jadi kalo malem baguuus gitu keliatannya.

***

Jadi ceritanya, menurut papa rollz yang pernah nanya2 ama orang Hanoi asli, Vietnam ini pernah perang ama US. Akhirnya Vietnam ini dibantu ama pasukan China. Dan banyak orang Vietnam yg merid ama orang US dan orang Vietnam yang merid ama pasukan China juga. Jadi di Vietnam ini selain mata uangnya Dong, mereka juga terima USD dan RMB. Ribet bener yak kalo mau terima duit :p

Karena itu juga kenapa koq budaya China banyak masuk ke Vietnam ini, termasuk kenapa koq di Vietnam banyak pabrik2, dan isu yang katanya Vietnam bakal ngalahin China nantinya di soal industri.

Begitu sampe, rollz langsung ke hotel. Pas di airport, kita tu kayak diboongin ama tukang taxi lho, katanya mereka resmi tapi ternyata ga resmi, ga mau pake argo mereka, borongan, yang jatuhnya lebih mahal. Ternyata kalo mau resmi tu ada mbak2 pake baju daerahnya. Huh, kita kan ga tau, tapi ya uda lah dijadiin pengalaman aja. Hotelnya si uda dicari di District 1 a.k.a pusat kota yang cukup jauh dari tempat pameran. Oh ya rollz blom cerita, rollz ini ke Ho Chi Minh dalam rangka pameran. Mangkanya papa ama Mr. Kui ikut juga. Kalo ga gitu ngapain rame2 ke Vietnam nya.

Abis check in, kita bermaksud buat explorasi daerah + lunch. Setelah jalan lumayan jauh, akhirnya kita langsung maem. Pho dunk, uda sampe Vietnam masak maem yang lain. Pajang foto makanan dulu dah :p

Lalu kita lanjut jalan kaki ke Ben Thanh Market. Awalnya orang hotel ngomong deket, tapi ternyata kita jalan tu ada lebih dari 30 mins lho! Sampe sana otomatis kita uda capek semua! Dan bener sampe market kita uda ga ada tenaga buat shopping, akhirnya cuman menyusuri doank, trus langsung ambil taxi buat balik hotel. Kecapekan. Hahahaha.. Malemnya kita cuman dinner di Five Fingers. Lumayan enak! Pajang foto2nya juga ahh..

***

Lanjut langsung Day Two! Ga panjang soalnya! Suer!

Bangun, breakfast, ga seenak di Singapore, tapi not bad, dan tetep ga ketemu banana cake nya! Kita uda rapi2 gitu mau ke pameran. Iya dunk tujuan awalnya kan pameran. Abis breakfast, langsung berangkat dengan semangat 45! Sampe di tempat pameran, kita langsung register2 dunk, karena ga ngerti bahasanya, kita salah register! Kita register di Jewelry Fair. Hahahaha... Padahal kan harusnya Sport Fair ya.

Tapi ternyata pas kita masuk ke hall nya, ya ampun! Pamerannya kecil banget! Cuman ada plus minus 30 booth! Padahal biasanya kalo kita pergi ke pameran di Beijing ato Munich, minimal tu 4 hall, itu pun masi ada yang outdoor. 500 booth lebih lah, secara biasanya kalo pameran tu kita 2 hari berturut2 kesana, itu pun pagi-sore! Kadang malah kita dateng lagi hari ketiga nya. Ini mah 30 mins juga kelar. Bener, 15 mins jalan uda kelar. Hahahaha.. Kita kayak diboongin gitu ke Ho Chi Minh jauh2. Anggep aja jalan2 lah.

Pas keluar dari gedung itu, ternyata kita kayak ditabrak orang dari belakang. Bukan ditabrak yang sampe gimana si, ternyata itu maling sodara2! Malingnya lari dari jewelry fair. Jadi abis si maling itu lari, dikejar ama satpam2 gitu. Serem dah, kita sempet ikutan nonton lho, tapi ga bole poto2 si, trus kita juga liat tu malingnya ketangkep trus dibawa ke kantor satpam. Lalu ya sudah lah kita ga bole ikutan liat si.

Abis dari pameran kita langsung ke Saigon Square. Namanya oke kan, trus di trip advisor tu tipenya juga mall, seneng dunk kita. Eh, turns out tu kayak Mangga Dua, tapi keciiil banget. Ga ada apa2nya dibanding ama Mangga Dua. Langsung kita yang mau cari oleh2 khas Vietnam, ga nemu, langsung balik hotel akhirnya. Karena wifi cuma ada di hotel dan data plan kita ga jalan. Ya uda kita browsing2 dulu kan ya.

Lanjut ke KFC.

Trus abis gitu kita naik taxi, ke museum. Iya lho ke museum! War Remmants Museum Bảo tàng chứng tích chiến tranh. Ceritanya ini museum isinya tentang perang2nya Vietnam gitu. Cerita gimana US tu nyebarin gas yang bikin mereka beberapa organ tubuh mereka menyusut, ga cuman di generasi mereka tapi buat generasi anak2 mereka. Ampun dah poto2nya sereeeem! Dan potonya tu baru2. Ada yang lahir 1986, 1990, 1991, ato malah 2002! OMG. Namanya Agent Orange, google sndiri aja dah. Abis gitu di dalem situ juga ada penjara nya. Dimana mereka itu disiksa biar mau ngasi informasi. Serem abis museumnya dah! Beberapa pics ya.

Abis dari museum tu, kita langsung ke Ben Thanh Market lagi dengan misi cari oleh2 plus beli kecap yang katanya enak banget tu. Oleh2 ga ketemu, tapi malah beli kaos 1 lusin dengan harga murah dunk. Tawar menawar, pake keahlian yang rollz belajarin pas di Beijing! Hahahaha... Dapet murah dunk, muter2 lagi sampe akhirnya dapet tu kecap. Disinilah adik rollz tu mulai ngrasa sakit perut. Dikira mules biasa, tapi ternyata lama2 tambah parah, dan kita langsung suspect dia diare.

Ceritanya abis istirahat di hotel bentar, kita pergi ke apotik dulu beli imodium. Untungnya ada. Kirain imodium cuma ada di indonesia, ternyata di Vietnam juga ada. Diminum ama dia. Dia enak'an gitu. Rada mampet. Tapi kasian si mukanya sampe pucet gitu.

Trus kita maem di resto khas Vietnam. Namanya Cục Gạch Quán. Ini ceritanya resto-nya Angelina Jolie ama Brad Pitt kalo lagi ke Ho Chi Minh. Tempatnya unik si! Kalo di Jakarta tu tempat ini mirip ama Dapur Babah Elite. Makanannya juga enak2. Cuman orangnya rada rese, kita ditanyain kan, uda reservasi belom. Kita dengan pedenya jawab, emang perlu reservasi ya. Dia bilang "OF COURSE!". Ga bakal lupa dah cara jawabnya entu. Hahahaha... Padahal lho tempat masi bolong2.

Disini tragedi kedua terjadi, rollz gantian sakit perut. Pertama dikirain sakit perut biasa soalnya emang kemarin ama hari itu blom ke wc. Ternyata setelah ke toilet kejadiannya sama kayak adik rollz. Minumlah imodium. Malem itu kita lemes semua! Gantian ke toilet. Hahahaha... Unik dah, untung aja tapi uda hari terakhir. Yang kasian tu Mr. Kui, ceritanya dia uda bela2in beli pizza, kita kan emang rencananya abis dinner mau beli pizza yang katanya paling enak se Ho Chi Minh itu. Dia uda jalan jauh dan ngantri lama, tapi rollz tnyata lemes dan ga ada mood makan lagi. Kasian Mr. Kui... Puk puk puk...

Bener2 dah liburan kali ini ditutup dengan sakit perut. Huhuhu... Besoknya ga ngapa2in packing2, trus langsung ke airport. Makan di airport yang mahalnya minta ampun! Nda ada delay, terbang ke Singapore, transit 20 mins, langsung terbang lagi ke Jakarta. Nunggu bagasi keluar. Trus cek lah kita ngapain aja abis nyampe Jakarta.

makan padang dunk :)

lalu refleksi :)

malemnya, nulis back to singapore day two kemarin... Hahahaha...

sekarang, mau tidur dulu, ada camer dateng soalnya, besok harus bangun pagi... nemenin camer seharian dah kemungkinan besar :p

Carolina Hartono

Daughter of amazing parents. Wife of a great man. Lover of Jesus. Big sist for cute and annoying sist and bro

6 comments:

1. hehehe tamat juga ya baca blog gua... mabok gak? :D

aduh itu pho nya bikin ngiler... :D

Replies
    1. iyah akhirnya tamat juga setelah mabok2... untungnya ketolong ama jalan2, jadinya musti bawa ipad kmana2 biar bisa baca... :p

pho nya yang jelas lebih enak daripada fotonya ko... :p

Delete
  2. Ya ampun, cuman 30 booth? Tapi gpp, jadi anggep aja liburan yah Rollz..hahhaa.. :p

Replies
    1. iyah... pas sampe sana bener2 berasa dibohongin gt... jadi berasa kayak liburan emang... jadi ngerti sejarahnya vietnam gimana juga... hahaha... padahal biasanya mana mau pigi ke museum... :p

Delete
  3. Carol, doyan ga KFC-nya? Nggak enak kan? Hahaha. GUe pernah makan yang di Hanoi, ga doyan banget. hahaha

Replies
    1. pas itu oke2 aja si, gara2 laper kali yak... hahaha...